SERIAL TV : SPARTACUS (2010 – 2013)

Romawi adalah sejarah kebesaran suatu bangsa yang pernah meraih kejayaan di masa lampau. Kebesaran dan kejayaan Romawi ini meninggalkan banyak ragam cerita dan kisah di masa kini. Republik, Kekaisaran, Perbudakan, Pertempuran sampai Gladiator adalah sebagian peninggalan Romawi yang masih kita dengar sampai sekarang.

Setelah serial Rome (HBO) kita bisa menikmati serial berjudul Spartacus (Starz) yang mengambil kisah dan cerita masa sebelum Rome. Spartacus merupakan cerita perlawanan para budak dan gladiator kepada para pembesar Romawi. Pemberontakan Spartacus dkk merupakan pemberontakan budak terbesar sepanjang sejarah Romawi. Serial Spartacus ini dibuat oleh Steven S. DeKnight dan ditayangkan oleh Starz. Spartacus dibuat dalam 3 season plus satu season prequel.

Blood and Sand (2010)

Cerita dimulai dengan tertangkapnya seorang yang berasal dari Thracia bersama istrinya bernama Sura oleh pasukan Romawi di bawah komando Gaius Claudius Glaber. Orang Thracia tersebut dijebloskan ke penjara dan istrinya dijadikan budak sehingga mereka tidak bisa bertemu lagi.

Seperti biasa tahanan Romawi selalu akan dijadikan bahan permainan untuk memuaskan nafsu mereka tanpa perikemanusiaan. Para tahanan Romawi dilelang kepada pemilik Gladiator dan orang Thracia tersebut akhirnya jatuh ke tangan Quintus Lentulus Batiatus yang memiliki gladiator-gladiator hebat semacam Crixus, Ashur, Gannicus dan pelatih Doctore.

Orang Thracia tersebut pun akhirnya diberikan sebuah nama yaitu Spartacus. Spartacus menjadi gladiator tangguh dengan harapan janji Batiatus mempertemukannya dengan istrinya. Namun hal tersebut tak kunjung terjadi akibat kelicikan Glaber, Illithya (istri Glaber), Batiatus dan Lucretia (istri Batiatus)

Akibatnya Spartacus merancang pemberontakan dengan menghasut para gladiator dan budak di rumah Batiatus. Pemberontakan inipun akhirnya terjadi dan Spartacus dkk berhasil melarikan diri dari rumah Batiatus.

Gods of the Arena (2011)

Ini merupakan prequel dari Blood and Sand yang mengangkat cerita berfokus pada rumah gladiator Batiatus. Batiatus meneruskan peran sebagai majikan gladiator dan budak meneruskan ayahnya. Batiatus dibantu oleh istrinya Lucretia.

Batiatus sangat piawai dalam mengatur rumah gladiatornya. Para gladiatornya tumbuh menjadi gladiator yang paling tangguh di seantero Romawi. Crixus menjadi salah satu gladiator yang dilatih dari nol di rumah Batiatus menjadi gladiator paling tangguh sebelum nantinya ditaklukkan Spartacus. Ketertarikan Lucretia kepada Crixus dimulai dari masa ini dan berlanjut ke Blood and Sand sementara Crixus hanya mencintai Naevia (budak Lucretia).

Semua gladiator di rumah Batiaus dilatih oleh gladiator Oenomaus yang lebih dikenal dengan panggilan Doctore. Gannicus adalah salah satu gladiator tangguh hasil produksi rumah Batiatus. Gannicus inilah yang punya julukan Gods of the Arena karena dia tak terkalahkan selama bertarung di arena gladiator. Karena ketangguhannya akhirnya dia dibebaskan oleh pihak Romawi dan menjadi orang bebas.

Vengeance (2012)

Setelah terjadinya pemberontakan berdarah di rumah Batiatus, Spartacus dkk melarikan diri. Para gladiator dan budak semuanya kompak akan memberontak terhadap pembesar Romawi. Spartacus dkk pun jadi buronan yang paling dicari di seluruh Romawi.

Gannicus pun bergabung dengan Spartacus setelah mendengar visi Spartacus dalam menentang sistem perbudakan. Crixus, Doctore, Agron, Mira, Aurelia pun turut bersatu dengan Spartacus. Sementara di lain sisi Glaber murka dan terus mengejar Spartacus. Lucretia yang sudah menjadi janda jatuh dalam jebakan Ashur (gladiator murtad).

Spartacus dkk akhirnya berhasil menemukan Naevia yang hilang sebelum pemberontakan. Naevia pun kembali ke pelukan Crixus. Spartacus pun mendapat gadis pendamping baru yang bernama Mira. Kegigihan para gladiator dan budak menyebabkan Glaber gagal menangkap dan membunuh mereka.

War of the Damned (2013)

Ini adalah masa setelah setahun lamanya Spartacus dkk memberontak kepada Romawi. Kegemilangan Spartacus dkk sampai terbunuhnya Glaber ternyata mulai terbaca oleh Romawi yang sekarang dipimpin oleh Marcus Licinius Crassus.

Crassus mulai berhasil melemahkan Spartacus dkk dengan cara mengadu domba para gladiator dan budak tersebut. Perpecahan yang melanda Spartacus dkk harus dibayar mahal dengan tewasnya Crixus. Ternyata ada seorang Julius Caesar muda yang menyokong Crassus.

Semakin hari Spartacus dkk semakin lemah walaupun sempat mendapat dukungan dari Laeta (seorang janda Romawi). Setelah bertahan sekian lama akhirnya Spartacus terbunuh dalam pertempuran. Spartacus menitipkan pesan kepada Laeta agar pergi lari sejauh-jauhnya bersama yang lain.

Kematian Spartacus menjadi akhir kisah perjuangan para gladiator dan budak dalam pemberontakannya melawan kekejaman Romawi sekaligus menjadi awal Julius Caesar menata Romawi menuju kejayaannya dalam sejarah.

Begitulah sekilas cerita dan kisah seorang Spartacus yang merupakan simbol perlawanan kepada kesewenang-wenangan para penguasa. Spartacus ini sangat saya rekomendasikan untuk ditonton dengan kualitas yang sangat baik. Tetapi serial ini mendapatkan rating TV-MA yang hanya bisa dilihat oleh orang dewasa.

SELAMAT MENIKMATI…..

Pemeran :
Andy Whitfield : Spartacus (S1)
Liam McIntyre : Spartacus (S2 & S3)
John Hannah : Batiatus (S1 & Prequel)
Lucy Lawless : Lucretia (S1, S2 & Prequel)
Manu Bennett : Crixus (S1, S2, S3 & Prequel)
Dustin Clare : Gannicus (S2, S3 & Prequel)
Peter Mensah : Oenomaus / Doctore (S1, S2 & Prequel)
Erin Cummings : Sura (S1)
Viva Bianca : Illithya (S1 & S2)
Katrina Law : Mira (S1 & S2)
Lesley-Ann Brandt : Naevia (S1 & Prequel)
Cynthia Addai-Robinson :Naevia (S2 & S3)
Dan Feuerrigel : Agron (S1, S2 & S3)
Simon Merrels : Crassus (S3)
Todd Lasance : Julius Caesar (S3)
Anna Hutchison : Laeta (S3)


by.
Riza Lubis


One thought on “SERIAL TV : SPARTACUS (2010 – 2013)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *