SERIAL TV : ROME ( 2005 – 2007 )

Sejenak teringat pada sejarah dunia di mana Romawi merupakan bagian yang tak terpisahkan. Sebuah serial TV yang ditayangkan oleh HBO dan BBC berjudul “ROME” mungkin dapat menggambarkan sedikit perjalanan sejarah awal kejayaan Romawi tersebut.

Adalah Lucius Vorenus (Kevin McKidd) dan Titus Pullo (Ray Stevenson) yang merupakan tokoh utama dalam serial ini. Mereka berdua adalah tentara Romawi yang setia kepada negaranya, apapun yang harus dikorbankan untuk negaranya mereka berdua sanggup berkorban. Namun mereka berdua mempunyai sifat dan karakter yang bertolak belakang. Lucius seorang yang sangat bertanggung jawab, Titus seorang yang urakan.

Ceritanya dimulai dengan kembalinya Lucius dan Titus ke Roma (ibukota negara) setelah bergerilya berperang karena Julius Caesar (Ciaran Hinds) telah berhasil mendirikan Republik Romawi. Lucius kembali pada istrinya Niobe (Indira Varma) yang ternyata telah mempunyai anak dari laki-laki lain. Titus yang tidak punya rtempat tinggal lebih memilih menikmati hiburan di Roma.

Kejayaan Julius Caesar ternyata tidak serta merta membuatnya menjadi penguasa tunggal republik. Seperti dalam sejarah, kekuasaan Republik Romawi berada di tangan Triumvirat yang terdiri dari Julius Caesar (pemerintahan), Pompey (kongres) dan Mark Antony (militer).

Triumvirat ini ternyata pecah kongsi di mana Julius Caesar dan Antony (James Purefoy) di satu sisi dan Pompey (Kenneth Cranham) dengan anggota kongresnya di pihak lain. Ketidakpastian di ibukota Roma menyebabkan terjadinya perang saudara. Lucius dan Titus pun terpanggil kembali ke militer di bawah komando Mark Antony.

Kedatangan Julius Caesar ke ibukota Roma ternyata menjadi rebutan antara Atia dan Servilia. Atia (Polly Walker) merupakan sepupu Julius Caesar dan ibu dari Octavian (Max Pirkis) dan Octavia (Kerry Condon). Servilia (Lindsay Duncan) adalah ibu dari Brutus (Tobias Menzies). Brutus lah yang kemudian hari berhasil membunuh Julius Caesar dan Octavian yang menjadi suksesor Julius Caesar.

Akhirnya Pompey kabur ke luar Roma dan pasukan Antony yang kerap mencari jejak Pompey di pelariannya. Jalan cerita serial ini pun akhirnya sampai juga ke Mesir di mana Cleopatra (Lindsey Marshal) memerintah. Drama cinta segitiga Julius Caesar, Cleopatra dan Antony menjadi segiempat karena ternyata Titus pun ikut andil dalam kisah cinta Cleopatra tersebut.

Akhirnya Julius Caesar pun terbunuh setelah dijebak oleh simpatisan Pompey dan dibunuh oleh Brutus. Cerita dilanjutkan dengan Octavian diangkat menjadi Caesar yang baru. Lucius dan Titus menjadi garda depan pengawal Ovtavian. Octavian sangat sewenang-wenang dalam memerintah yang akhirnya menyebabkan perang saudara berkobar lagi. Kali ini Antony yang memberontak terhadap Octavian.

Bagaimana cerita selengkapnya ? Mungkin para pembaca sudah siap untuk hunting serial ini di pasaran atau surfing di internet.

Serial ini tersaji dalam dua musim (season) dan 22 episode. Season 1 berisi kisah pada masa Julius Caesar memerintah sampai terbunuh oleh Brutus. Season 2 berisi kisah masa pemerintahan Octavian yang ditantang habis-habisan oleh Antony.

Serial ini sangat menarik karena tokoh-tokohnya berdasarkan sejarah yang nyata walaupun banyak kejadian dan peristiwa yang bersimpangan dengan sejarah asli. Tetapi itu semua agar serial ini lebih menarik untuk ditonton. Serial ini mendapatkan rating khusus Dewasa karena banyak adegan yang tidak layak ditonton oleh anak-anak dan remaja. Bagi teman-teman yang ingin menonton serial ini dengan keluarga, penulis sarankan agar mencari serial ini yang sudah disensor.

SELAMAT MENIKMATI…….

Pemeran :
Kevin McKidd : Lucius Vorenus
Ray Stevenon : Titus Pullo
Ciaran Hinds : Gaius Julius Caesar
Kenneth Cranham : Pompey Magnus
James Purefoy : Mark Antony
Polly Walker : Atia of the Julii
Lindsay Duncan : Servilia of the Junii
Lindsey Marshal : Cleopatra
Max Pirkis / Simon Woods : Gaius Octavian
Kerry Condon : Octavia of the Julii
Tobias Menzies : Marcus Junius Brutus
Indira Varma : Niobe
Zuleikha Robinson : Gaia


by.
Riza Lubis


One thought on “SERIAL TV : ROME ( 2005 – 2007 )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *