SERIAL TV : PROFUGOS ( 2011 – 2013 )

Setelah melihat keberhasilan Chile menaklukkan Spanyol, saya berusaha mengingat apa yang akan saya promosikan berkaitan dengan Chile. Saya buka-buka koleksi saya, akhirnya saya menemukan sebuah serial TV asli dari negara Chile, judulnya “Profugos” yang artinya “Pengungsi.”

Cerita serial ini menyangkut pada mafia peredaran narkotika di Chile dan keterlibatan segelintir pejabat pemerintahan di Chile. Tokoh utama dalam serial ini adalah Vicente Ferragut (anak dari Kika Ferragut – bos narkotika), Alvaro “Tegui” Parraguez (agen federal yang menyamar), Mario Moreno (anggota gang Ferragut) dan Oscar Salamanca (orang kepercayaan Kika Ferragut).

Cerita bermula pada operasi penyelundupan kokain cair dari perbatasan Bolivia-Chile empat orang di atas atas perintah Kika (ada di penjara). Dari perbatasan Bolivia, mereka membawa kokain cair itu menuju Antofagasta. Atas informasi Tegui, Polisi federal sudah siap untuk menyergap mereka berempat . Ternyata kondisi ini tercium oleh Salamanca, atas perintah Kika, Salamanca mengubah haluan dan jalan darat menuju Valparaiso. Ada perdebatan saat perubahan ini, terutama dari Moreno walau akhirnya patuh semua. Di tengah perjalanan, Tegui berhasil memutar otak untuk memberikan informasi kepada bosnya Marcos Oliva. Oliva langsung memerintahkan Fabian Salgado memimpin operasi ke Valparaiso.

Ketika mereka sampai di pelabuhan Valparaiso, pembeli kokain sudah tiba. Rombongan Polisi pimpinan Salgado sudah bersiap-siap. Ternyata ada pihak lain yang tidak teridentifikasi yang ingin memanfaatkan transaksi ini. Saat transaksi berlangsung terjadilah penyergapan oleh Salgado cs. Tembak-menembak tak terhindarkan lagi. Fabian Salgado tewas ditembak Tegui. Namun Salamanca, Tegui, Vicente dan Moreno berhasil lolos dari kejaran para polisi dan mengungsi ke rumah teman Salamanca. Mulai dari sini mereka berempat menjadi buronan nomor satu di seantero Chile. Mereka berpindah-pindah tempat ke seluruh bagian selatan Chile dan tujuan utama mereka adalah keluar dari Chile menuju Argentina.

Sangat seru mengikuti cerita “Profugos” ini. Keterlibatan para pejabat dalam peredaran narkotika ini tentunya menjadi kritik bagi pemerintahan. Tidak ketinggalan para aktris cantik asli Chile yang membintangi serial ini seperti Bianca Lewin, Aline Kuppenheim, Camila Hirane, Antonia Zegers dan lain-lain. Profugos menyajikan cerita tentang gembong narkotika khas Amerika Latin dibumbui adegan aksi, kisah cinta, sisi kekeluargaan, korupsi, penghianatan, ketegangan dan kejutan-kejutan sepanjang serial ini.

Bagi anda yang menyukai cerita seperti Profugos ini tentunya sangat sayang untuk dilewatkan. Profugos disajikan dalam 2 season dan setiap season terdiri dari 13 episode ditayangkan oleh HBO Latin pada tahun 2011 sampai 2013.

Para Pemain :

Benjamin Vicuna (Alvaro “Tegui” Parraguez)
Nestor Cantillana (Vicente Ferragut)
Luis Gnecco (Mario Moreno)
Francisco Reyes (Oscar Salamanca) — Season 1
Alfredo Castro (Freddy Ferragut) — Season 2 — Suami Kika yang ternyata masih hidup
Blanca Lewin (Laura Ferragut) — Kakak dari Vicente berprofesi sebagai pengacara.
Claudia Di Girolamo (Kika Ferragut) — Season 1 — Bos Ferragut Cartel
Camila Hirane (Irma Salamanca) — Putri dari Oscar Salamanca
Aline Kuppenheim (Ximena Carbonell) — Mantan tunangan Tegui berprofesi jaksa
Antonia Zegers (Macarena Munita) — Season 2 — Pejabat yang terlibat pada gembong narkotika
Marcelo Alonso (Marcos Oliva) — Season 1 — Bos Polisi yang ternyata terlibat narkotika
Amparo Noguera (La Roja) — Pembunuh bayaran ahli menjadi sniper
Luis Dubo (Cacho Aguilera) — Bos Aguilera Cartel saingan Ferragut dilindungi oleh Marcos Oliva
dll.

by.
Riza Lubis


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *