SERIAL TV : MARCO POLO (2014)

Apabila kita membaca sejarah khususnya sejarah di Asia tentunya kita akan menemukan nama “Marco Polo.” Marco Polo adalah seorang penjelajah dan penulis sejarah yang berasal dari Venezia, Italia. Seperti kebanyakan orang Italia, Marco Polo memiliki bakat seni khususnya seni melukis (menggambar visual). Dalam serial ini, Marco Polo adalah tokoh utamanya.

Serial ini dimulai dengan keisengan seorang Marco Polo yang ingin ikut dengan ayahnya, Niccolo Polo (seorang pelaut), mengharungi lautan. Ayahnya tidak mengizinkannya tetapi dengan cara yang cerdik akhirnya Marco Polo menyusup ke dalam kapal ayahnya sehingga mau tidak mau Marco Polo ikut berlayar yang tujuan mereka adalah negeri di sebelah timur dunia ini.

Selama tiga tahun akhirnya mereka sampai ke Mongolia di mana seorang raja yang bernama Kubilai Khan (cucu Jenghis Khan) bertahta. Kubilai Khan seorang raja ambisius yang ingin menguasai dunia dengan terlebih dahulu menguasai China yang diperintah oleh Dinasty Song. Kebetulan saat itu kaisar dinasty Song sedang sekarat dan sementara pemerintahan dijalankan oleh Jia Sidao (Perdana Menteri Dinasty Song).

Ketika Niccolo, Marco dan Maffeo Polo (Paman Marco) berhadapan dengan Kubilai Khan, Marco Polo dikorbankan ayahnya menjadi tawanan Kubilai Khan. Namun akhirnya Kubilai Khan sangat tertarik kepada Marco Polo karena kemampuan Marco Polo menggambarkan (mendeskripsikan) apa yang dilihat dan dialaminya. Sejak berangkat dari Venezia, Marco Polo selalu mendokumentasikan semuanya termasuk pengetahuan bahasa masyarakat di tempat yang mereka lewati. Tetapi putra Kubilai Khan yang bernama Jingim kurang menyukai keberadaan Marco Polo.

Selama dalam tawanan, Marco Polo mendapatkan pelajaran Kung Fu dari seorang Bhiksu Tao yang bernama Seratus Mata, bertemu dengan Putri dari Bayaut yang bernama Kokachin sampai turut serta dalam pasukan Kubilai Khan yang berselisih dengan adiknya, Ariq Boke.

Serial klasik yang berdasarkan sejarah ini ditayangkan oleh saluran Netflix mulai tanggal 12 Desember 2014 yang dikembangkan oleh The Weinstein Company. Sangat sayang jika serial ini dilewatkan karena penuh dengan penggambaran-penggambaran sejarah di masa lampau. Setelah kita menikmati serial Rome dan Spartacus tentunya saatnya pecinta serial kolosal sejarah menikmati Marco Polo yang di season 1 ini mengambil cerita seputar kerajaan Mongolia di bawah Kubilai Khan.

Penulis sendiri sudah melihat serial ini sampai episode 2 dan rasanya tidak sabar menantikan episode-episode selanjutnya. Sedikit peringatan bahwa serial ini khusus untuk usia dewasa karena banyak adegan yang tidak layak ditonton anak-anak di bawah umur.

Para Pemain :
– Lorenzo Richelmy : Marco Polo
– Benedict Wong : Kubilai Khan
– Joan Chen : Chabi, istri Khan
– Rick Yune : Kaidu, sepupu Khan
– Amr Waked : Yusuf
– Remy Hii : Pangeran Jingim, putra Khan
– Zhu Zhu : Kokachin. Putri dari Bayaut
– Tom Wu : Seratus Mata
– Mahesh Jadu : Ahmad
– Olivia Cheng : Mei Lin, saudara perempuan Jia Sidao
– Chin Han : Jia Sidao
– Pierfrancesco Favino : Niccolo Polo


by.
Riza Lubis


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *