SERIAL TV : BANSHEE (2013 – 2016)

Banshee adalah serial TV dari AS yang dibuat oleh Jonathan Tropper dan David Schikler yang ditayangkan saluran Cinemax. Season 1 ditayangkan 2013, season 2 ditayangkan pada 2014, season 3 ditayangkan 2015 dan Season 4 mulai ditayangkan pada 1 April 2016 ini. Serial Banshee ini bergenre action, drama dan western dibintangi oleh Antony Starr, Ivana Milicevic, Ulrich Thomsen, Rus Blackwell, Hoon Lee, Frankie Faison, Ben Cross, Trieste Kelly Dunn, Lili Simmons dan Eliza Dushku.

Serial ini dibuka dengan keluarnya seorang narapidana dari penjara (Antony Starr) yang ingin mencari partnernya dulu yang bernama Anastasia (Ivana Milicevic). Pencariannya membawa dia ke sebuah kota kecil Banshee di Pennsylvania. Sesampainya di Banshee secara tidak sengaja dia membunuh seorang Sheriff baru bernama Lucas Hood yang ditugaskan di Banshee. Kematian Sheriff ini dimanfaatkannya dengan mencuri identitas Sheriff tersebut dan jadilah dia Lucas Hood yang baru.

Misi pencarian Lucas Hood kepada Ansatasia akhirnya menemui titik temu di Banshee. Anastasia telah berganti nama menjadi Carrie Hopewell yang menjadi istri Gordon Hopewell (Rus Blackwell) dan memiliki sepasang putra-putri. Pertemuan mereka ini pun membawa kenangan lama ketika mereka menghadapi bos kriminal Lord Rabbit (Ben Cross) yang tidak lain adalah ayah dari Carrie. Sampai sekarangpun Rabbit masih mencari mereka. Namun dengan identitas baru mereka berdua, keberadaan mereka pun tidak mudah untuk dilacak.

Lucas Hood menjadi Sheriff betulan di Banshee. Pencurian identitas ini dibantu oleh seorang high class hacker yang bernama Job (Hoon Lee) dan seorang penjaga bar yang bernama Sugar (Frankie Faison) dan akhirnya berjalan mulus. Di kepolisian sendiri Lucas dibantu oleh seorang deputy cantik bernama Siobhan Kelly. Tugas sehari-harinya sebagai Sheriff selalu mendapat tantangan dari mafia lokal yang bernama Kai Proctor (Ulrich Thomsen) yang memiliki keponakan cantik bernama Rebecca Bowman (Lili Simmons).

Dengan latar belakang itulah serial ini dikembangkan menjadi sebuah serial yang menegangkan, banyak kekerasan, permainan mafia dan kriminalitas kelas kakap. Di season 1 bercerita tentang perjalanan Lucas mencari kebenaran sesungguhnya mengenai dirinya dan diakhiri dengan terkuaknya hubungan Lucas dan Carrie di masa lalu dan ternyata Deva (putri Carrie dan Gordon) adalah putri biologis Lucas. Sementara di season 2 bercerita tentang Lucas dalam memberantas kriminal di Banshee dan menjalin hubungan dengan deputy-nya Siobhan. Pencurian identitias Lucas Hood hampir saja terungkap, untung saja Lucas, Job dan Sugar dengan rapi menyimpan dan menyembunyikannya.

Di season 4, Eliza Dushku muncul sebagai Agent FBI Veronica Dawson yang bertugas menyelidiki kriminalitas yang terjadi di Banshee. Sampai tulisan ini di-update, penulis baru selesai menyaksikan S04E02. Menurut penilaian penulis serial ini cocok untuk dijadikan hiburan selingan apalagi bagi para penyuka genre action dan kriminal. Ceritanya ringan, tidak berbelit-belit tapi penuh ketegangan. Sayangnya serial ini mendapat rating TV-MA yaitu khusus tontonan 21 tahun ke atas.

Para Pemain :
– Antony Starr : Sheriff Lucas Hood (palsu)
– Ivana Milicevic : Carrie Hopewell (Anastasia)
– Ulrich Thomsen : Kai Proctor
– Rus Blackwell : Gordon Hopewell
– Trieste Kelly Dunn : Deputy Siobhan Kelly
– Hoon Lee : Job
– Frankie Faison : Sugar
– Lili Simmons : Rebecca Bowman
– Ryann Shane : Deva Hopewell
– Ben Cross : Rabbit
– Eliza Dushku : Agent Veronica Dawson


by.
Riza Lubis


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *