PCNU TAPANULI SELATAN FOKUS PADA KONSOLIDASI DAN PEMBINAAN WAWASAN DASAR KE-NU-AN

Ketua Tanfidziyah PCNU Tapanuli Selatan, Drs H. Ihwan Nasution menegaskan bahwa PCNU Tapanuli Selatan akan melaksanakan program kegiatan yang berfokus pada konsolidasi organisasi NU sampai ke tingkat ranting dan pembinaan wawasan dasar ke-NU-an kepada warga Nahdliyyin di Tapanuli Selatan pada tahun 2015 ini.

Hal itu disampaikannya di Sekretariat PCNU Tapanuli Selatan seusai menggelar Rapat Harian Pengurus siang tadi (10/01). Rapat Harian yang dihadiri segenap pengurus Syuriyah dan Tanfidziyah ini membahas mengenai rencana kegiatan PCNU Tapanuli Selatan yang akan difinalisasi dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) PCNU Tapanuli Selatan bulan depan.

NU yang vakum kegiatan selama 6 tahun belakangan ini harus kita bangkitkan lagi di Bumi Tapanuli Selatan ini. Langkah pertama yang akan kita lakukan adalah mengisi kepengurusan MWC sebanyak 14 kecamatan agar MWC ini nantinya yang menjadi ujung tombak kita melakukan konsolidasi organisasi NU ini ke ranting-ranting. Kita tergetkan akhir Januari 2015 MWC di 14 kecamatan ini sudah terbentuk kembali,” tegas Ketua PCNU.

NU di Tapanuli Selatan memang mengalami kevakuman kegiatan selama 6 tahun ini yang membawa dampak buruk bagi warga NU sendiri padahal lebih dari 60% penduduk Tapanuli Selatan merupakan kaum Nahdliyyin. Ciri khas NU yang selama ini melekat pada masyarakat Tapanuli Selatan seperti menghilang sedikit demi sedikit. Sungguh disayangkan karena Tapanuli Selatan merupakan tempat lahirnya banyak ulama-ulama NU Sumatera Utara bahkan Nasional.

Pembinaan wawasan ke-NU-an untuk warga Nahdliyyin sangat perlu kita lakukan untuk membangkitkan emosional sebagai warga NU. Kita mulai nanti dengan menginventarisir dan mengelola kembali asset-asset NU seperti Madrasah NU sebagai tempat pendidikan awal ke-NU-an bagi generasi muda NU. Di samping itu kita akan lestarikan lailatul ijtima’ dan mengadakan pembinaan wawasan ke-NU-an yang berdasarkan Ahlussunnah Wal Jama’ah kepada warga NU di Tapanuli Selatan, ” tambah Ketua PCNU.

Selain fokus pada dua aspek tersebut PCNU juga akan melakukan dan komunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan agar terbentuk jalinan kerjasama antara ulama dan umaro dalam membangun Tapanuli Selatan. Dalam mendukung program-program tersebut PCNU Tapanuli Selatan akan segera mengaktifkan Lembaga dan Lajnah terkait dan mendorong Badan Otonom seperti Muslimat NU, GP Ansor dan Fatayat NU untuk turut serta mewujudkan tujuan PCNU tersebut.

Para pengurus yang hadir mengamini pernyataan Ketua PCNU tadi dan siap mendukung program kegiatan yang akan dilaksanakan sepanjang 2015 ini. Merekapun yakin dengan kekompakan para pengurus dan niat yang tulus, tujuan untuk membangkitkan kembali NU di Tapanuli Selatan akan dapat terwujud.

(NU Tapsel)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *