KOTABARU DIPENUHI GUNUNG KAPUR YANG INDAH

Hampir dua tahun Pulau Kalimantan saya tinggalkan, namun masih banyak kenangan yang tak terlupakan di sana. Salah satunya kenangan akan perjalanan pulang dari Banjar menuju Balikpapan via Batu Licin. Rute yang dilewati adalah Banjar – Pelaihari (Kab. Tanah Laut) – Asam-asam – Sungai Danau – Pagatan – Batu Licin (Kab. Tanah Bumbu) – Serongga – Bungkukan – Sungai Durian – Magalau – Sengayam – Sungai Kerang – Tanah Grogot (Kab. Paser) – Kuaro – Long Kali – Penajam (Kab. PPU) – Balikpapan.

Sejak kita melewati Batu Licin dan masuk ke Serongga, kita akan disuguhi pemandangan indah Kabupaten Kotabaru. Pemandangan itu tak lain adalah bertaburan gunung-gunung kapur di sepanjang jalan sampai ke Sengayam. Jika kita lewat pada malam hari, gunung-gunung tersebut seperti jamur raksasa di kegelapan malam. Gambar di atas itu diambil ketika kita ada di kawasan Serongga. Pemandangan gunung-gunung inilah yang tak bisa dilupakan yang merupakan salah satu bukti kekuasaan Allah swt.

Keindahan gunung-gunung ini memberikan inspirasi bagi musisi lokal Anang Ardiansyah untuk menciptakan lagu yang berjudul Paris Barantai yang isinya menceritakan keindahan alam Kotabaru yang merupakan perpaduan keindahan gunung-gunung kapur dan keindahan ombak lautnya.

Berikut adalah lirik lagunya :

Wayah pang sudah hari baganti musim
Wayah pang sudah…..

Kotabaru gunungnya Bamega
Bamega umbak manampur di sala karang

Batamu lawan-lah adinda
Adinda iman di dada rasa malayang

Pisang silat tanam-lah babaris
Babaris…tabang pang bamban ku ‘halangakan

Bahalat gunungnya babaris
Babaris hatiku dandam ku salangakan

Burung binti batiti di batang
Titi batang di batang buluh kuning manggading

Malam tadi bamimpi-lah datang
Rasa datang rasa bapaluk lawan si ading

Kacilangan lampu-lah di kapal
Di kapal anak Walanda main komidi

Kasiangan guring-lah sabantal
Sabantal tangan ka dada hidung ka pipi

Begitulah lirik lagu “Paris Barantai” yang berisi tentang keindahan alam Kotabaru dengan gunung-gunung dan ombak lautnya. Bagi teman-teman yang ingin mendengarkan lagunya silakan klik link di bawah ini :


by.
Riza Lubis


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *