KEINDAHAN KELOK 44

Daerah Sumatera Barat banyak sekali daerah pariwisata karena pemandangan alam yang indah. Apabila kita melakukan perjalanan dari Padang ke Bukit Tinggi, kami sarankan sekali-sekali melewati Pariaman dan Maninjau. Jalurnya Padang – Pariaman – Tiku – Lubuk Basung – Maninjau – Kelok 44 – Bukit Tinggi. Kita akan disuguhi pemandangan alam mulai dari pantai, laut, kota, gunung, danau dan jalan yang berbelok-belok.

Kelok 44 adalah jalan mendaki dari Maninjau ke Bukit Tinggi yang jumlah belokannya ada 44 dan uniknya setiap belokan diberikan nomor. Walaupun berbelok-belok kita tidak akan bosan karena kita bisa menikmati keindahan alam di kelok 44 ini, rasa lelah menyetir pun tidak akan terasa ketika melewati kelok 44 ini. Salah satu contoh pemandangannya seperti gambar di atas Danau Maninjau yang diambil dari belokan nomor 34.

Musisi Minang yang bernama Masroel Mamudja sempat menciptakan lagu berjudul “Kelok 44” yang isinya hati yang berat terpaksa meninggalkan alam kelok 44 menuju ke perantauan. Lagu ini dinyanyikan penyanyi kenamaan Minang, Elly Kasim. Berikut ini lirik lagunya :

Maluncua denai nak lakeh
ndeh mandeh tolong doakan
Nan kok mujua bundo malapeh
bak ayam pulang ka pauiktan

Di kelok ampek puluah ampek
denai bamulo barangkek
Tinggalah kampuang sanak sudaro
denai barangkek ka tanah jao

Tinggalah kelok ampek puluah ampek…
Tinggalah kelok ampek puluah ampek…

Di Taluak Bayua den tamanuang
den lapeh pandang bakuliliang
Tabayang rantau nan ka den hadang
dima ko badan beko manompang

Jatuah badarai aia mato…..

Tinggalah kelok ampek puluah ampek…
Tinggalah kelok ampek puluah ampek…

Begitulah lirk lagu Kelok 44 yang sangat enak didengarkan dengan iringan khas musik Pop Minangkabau. Bagi teman-teman yang ingin mendengarkan lagunya silakan kunjungi link berikut ini :


by.
Riza Lubis


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *