EL SURAYYA : FATWA ORANG TUA

Ciri khas lagu-lagu gambus ciptaan H. Ahmad Baqi adalah lirik yang sederhana namun sangat menyentuh ke kalbu. Lirik lagu yang diciptakannya selalu mengandung nasehat bagi kita semua seperti halnya pantun-pantun nasehat dari sastra melayu kuno.

Salah satu lagu favorit bagi saya adalah lagu berjudul “Fatwa Orang Tua” sesekali juga sering disebut berjudul “Petuah Orang Tua” yang berisi nasehat bagi kita semua agar jangan sombong dan angkuh. Sesungguhnya keangkuhan dan kesombongan hanya akan membawa keburukan bagi kita.

Kita juga dinasehati agar berlaku seperti padi yang semakin berisi semakin tunduk artinya semakin kita memiliki ilmu atau kepandaian maka seharusnyalah kita semakin rendah hati dan tidak sombong. Berikut ini adalah lirik lengkap dari lagu gambus tersebut :

Bila diri ingin dikenang
semailah benih di tengah sawah
Bawalah ilmu padi di ladang
tambah berisi tunduk ke bawah

Bila diri ingin terpandang
jauhi kata tinggi melambung
Jauhi sifat ayam di kandang
bertelur satu ribut sekampung

Jauhi sifat mengaku pandai
angkuh dan sombong menepuk dada
Ingat petuah penyu di pantai
telur beratus namun tak bangga

Bila ingin harum bak mawar
jauhi sifat meninggi diri
Bisa ular tidakkan tawar
walau menyuruk batang berduri

Bagaimana teman-teman? Sangat dalam arti lirik lagu ini bukan? Marilah kita dengarkan petuah tersebut yang sehari-hari sering kita dengar dari orang tua kita di rumah, sehingga H. Ahmad Baqi memberikan judul “Fatwa Orang Tua” untuk lagu ini. Lagu ini dinyanyikan oleh biduan El Surayya Medan yang bernama Rukiah Zein.

Bagi teman-teman yang ingin mendengarkan lagu ini, silakan kunjungi link berikut ini :


by.
Riza Lubis


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *